Hebatnya Sideka Mampu Melengkapi Aplikasi SIAK Dari Disdukcapil

Kebersamaan dalam membangun demi desa yang lebih Maju, Inovatif dengan Berbasis Tekhnologi Informasi.

PUTATGEDE (12/04/2018). Sejak diadakannya Bintek atau Pelatihan tentang SIDEKA (Sistem Informasi Desa dan Kawasan) yang di selenggarakan di Dinas Kominfo Kabupaten Kendal pada tanggal 22 Agustus 2017, mampu membuat perubahan yang begitu besar untuk melayani masyarakat secara prima. Narasumber dari BP2DK (Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan) yaitu : Bpk. Ugan Nugraha dan Bpk. Maharestu Tarapandjang.

Kegiatan tersebut menindaklanjuti dari UU No. 6 Tahun 2014 Bagian Ketiga Undang-Undang Tentang Desa pasal tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan Pasal 86, terdiri dari :

  1. Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
  2. Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan
  3. Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.
  4. Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan, serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.
  5. Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikelola oleh Pemerintah Desa dan dapat diakses oleh masyarakat Desa dan semua pemangku kepentingan.
  6. Pemerintah Daerah Kabuten/Kota menyediakan informasi perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota untuk Desa.

Sideka mampu bersanding dengan Aplikasi SIAK (Registrasi Kependudukan) dari Dispendukcapil yang diberikan untuk Pemerintah Desa Putatgede dan sekaligus mampu menjawab kebutuhan pemerintahan desa, terutama terkait dengan pelayanan surat-menyurat bagi penduduk / warga desa, administrasi kependudukan yang lengkap.

Dalam pelatihan tersebut dikenalkan dengan Aplikasi Sideka secara Online (Website) dan Offline (Sideka Desktop), Yang lebih menarik lagi adalah Sideka Desktop. Hampir memiliki kesamaan, salah satunya pelayanan untuk surat-menyurat di Registrasi Kependudukan (SIAK) milik Disdukcapil.

Pelayanan surat-surat kependudukan yang ada di Aplikasi SIAK memfokuskan pada pelayanan pembuatan surat-menyurat secara mendasar, seperti halnya : Pengantar membuat / Mengganti KTP, KK, Pindah Penduduk, Kelahiran, dan lain-lain. Karena dimudahkan dengan Data Penduduk yang validasi menurut Undang-undang Kependudukan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Aplikasi Registrasi Kependudukan (SIAK) dari Disdukcapil

Namun disisi lain, Aplikasi Sideka Desktop mampu menjawab pelayanan surat kependudukan yang lainnya, walaupun sebagian ada yang sama dengan Aplikasi SIAK. Dalam aplikasi ini surat menyurat sudah otomatis asalkan data warga sudah terinput, sehingga dalam beberapa detik langsung dengan cepat mencetak seperti:

  1. surat biodata penduduk untuk pindah
  2. surat keterangan
  3. surat keterangan asal usul
  4. surat keterangan domisili
  5. surat keterangan keluarga kurang mampu
  6. surat keterangan nikah
  7. surat keterangan orang tua
  8. surat keterangan penduduk
  9. surat keterangan pengantar
  10. surat keterangan pindah
  11. surat keterangan tanah
  12. surat keterangan usaha
  13. surat pernyataan penghasilan
  14. surat pernyataan penyerahan anak
  15. surat pernyataan pindah agama
  16. surat persetujuan mempelai

Yang lebih menonjol lagi, Aplikasi Sideka sudah sinkron dengan Prodeskel (SID dari Kementerian Dalam Negeri RI) dan Aplikasi Siskuedes (dari Kementerian Keuangan RI).

Pemerintah Desa (khususnya Desa Putatgede dan Pemerintah se-Kabupaten Kendal umumnya) sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kendal agar bisa menjembatani Kerjasama antara Pihak Pemerintah Desa dengan Pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten). Karena dirasakan Aplikasi Sideka dan SIAK bisa bekerjasama menjadi satu sistem (dengan batasan-batasan tertentu sesuai Undang-undang). Karena Data Penduduk yang ada di Sideka sejatinya didapat dari Data Kependudukan yang ada di Aplikasi SIAK (Registrasi Kependudukan).

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Aplikasi Sideka Desktop secara Offline

Mayoritas Pemerintah Desa mempunyai Data Kependudukan secara manual yaitu tertulis di buku kependudukan milik desa, itupun tidak secara menyeluruh (Paling hanya Nama Kepala Keluarga dan Anggotanya, tanggal lahir, pekerjaan, pendidikan serta alamat). Belum sepenuhnya secara digital tersimpan dalam bentuk softcopy (Excel, word atau aplikasi lainnya).

Pemerintah Desa Putatgede khususnya merasakan bahwa antara Aplikasi Sideka Desktop dengan Aplikasi Registrasi Kependudukan (SIAK) saling melengkapi, bahkan kedepan akan tercapai pelayanan penduduk secara online, adapun fitur-fitur diantara keduanya antara lain :

Antarmuka yang Mudah dan Cepat

Dengan antarmuka spreadsheet yang seragam, pemerintah desa dapat dengan cepat mengelola data kependudukan, data keuangan, dan data kemiskinannya. Penyaringan, pengurutan, dan pencarian data dapat dilakukan dengan beberapa klik saja.

Pelayanan Publik yang Optimal

Dengan fitur surat-menyurat yang terintegrasi dengan data-data desa maupun supradesa. Pemerintah desa dapat melayani kebutuhan masyarakat desa dalam pembuatan surat keterangan dengan optimal. Surat yang dapat dengan mudah dibuat dengan Sideka antara lain, surat keterangan domisili, surat keterangan kepemilikan tanah, surat keterangan tidak mampu, dan sebagainya.

Pelayanan dengan Single Data

Dengan berbasis menggunakan NIK atau Nama Penduduk, mampu membuat surat yang dibutuhkan secara Optimal hanya dengan beberapa Klik.

Komentar Facebook

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar dan Balasan